Monday, April 4, 2016

Jangan Pernah Takut Gagal!!!


     Hei sahabat Blogger, Kali ini gw mau posting soal Kegagalan satu kata yang bisa membuat orang berfikir terlalu panjang untuk memulai sesuatu bahkan bisa membuat seseorang tersebut Terkurung dalam ketidakpastian ialah GAGAL!!!
     Mari kita telusuri sebenarnya apakah gagal?, Kenapa seseorang bisa gagal ?, Apa yang harus kita lakukan ketika kita mengalami kegagalan? dan ada gak sih sebenarnya sisi positif dari kegagalan?. Kita akan bahas pertanyaan tersebut satu-persatu dan kita ulas secara mendalam.





1. Apa sih yang dimaksud dengan Gagal ?

     Kita semua pasti sering mendengar arti kata gagal, bahkan sangat familiar sekali di telinga setiap orang. Sebagian besar mendefinisikan Gagal ialah Kondisi dimana kita salah melakukan sesuatu atau tidak maksimal melakukan sesuatu sehingga membuat kita tersisih dari sesuatu hal yang sedang kita jalani. Sebagai contoh, "hampir setiap orang percaya bahwa siswa yang mendapat nilai kecil di dalam mata pelajarannya disebut gagal", "hampir setiap orang percaya bahwa jika kita melakukan kesalaham kita telah mengalami suatu kegagalan".
     Pernahkah kita melihat dari sisi yang lain dari contoh kasus diatas?. Saat seorang siswa mendapat nilai kecil dalam mata pelajarannya, jika kita melihat peristiwa itu dari berbagai sudut pandang pasti kita tidak akan berpendapat bahwa dia gagal karena setiap hidup yang dialami setiap orang berbeda-beda. Jadi jangan cepat mengambil kesimpulan tentang keadaan seseorang.


2. Kenapa seseorang bisa gagal ?

     Nah pertanyaan yang kedua ini gw bakal jawab sesuai opini gw, sebenernya gak ada orang gagal di dunia ini, itu cuma masalah persepsi seseorang atau masalah pandangan publik tentang apa yang telah terjadi. Paradigma hampir setiap orang sudah tertanam bahwa "jika kamu tidak bisa maka kamu gagal". Menurut gw itu benar-benar paradigma yang sangat salah. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus makan akan menciptakan suatu lingkungan yang dapat menghancurkan mental seseorang ketika dia berbuat salah. Dan kita tahu bahwa manusia tidak akan luput dari kesalahan dan setiap dari kita pasti pernah melakukan sebuah kesalahan. Jadi buat sahabat blogger yang masih memiliki paradigma seperti ini dikurangi lah bahkan kalo bisa dihilangkan.


3. Apa yang harus kita lakukan kalo kita gagal ?

     Untuk pertanyaan yang kayak gini gw punya beberapa tips buat sahabat blog semoga bermanfaat.
yang pertama ialah :
  a . Percaya bahwa "Salah itu bukan Gagal"
  b . Percaya Bahwa "Setiap orang sukses diluar sana pasti pernah melakukan kegagalan"
  c . Percaya Bahwa "Setiap orang punya jatah gagal" Nah ini point yang penting.Kenapa? . Kalo kita        ngomongin Jatah berarti setiap orang punya jatah gagal yang sama dan kalo logika kita bermain,        Jika kita habiskan Jatah itu disaat kita masih muda. Maka mudah-mudahan kita tidak akan          
       mengalaminya lagi ketika sudah Tua.


4.Apakah ada sisi positif dari kegagalan ?

     Gw jawab singkat aja "ADA". Kalo mau contoh gini deh : Ketika lo lagi mau menyebrangi sungai dan teman lo udah duluan menyebrangi sungai dan sampai di bagian pulau yang disebrangi. Pas lo lagi mendayung lo gak bisa ngelawan arus dan lo kalah dengan arus tersebut dan ngebuat lo balik lagi ke tempat lo semula. Lo pasti berfikir bahwa lo gagal, lo kalah dari temen lo. Tapi kalo kenyataan yang terjadi pulau diseberang sungai merupakan pulau yang penuh dengan anaconda dan Harimau. Nah kalau keadaannya gitu, "MASIHKAH LO BILANG KALO LO GAGAL ?".Jadi mulai sekarang:



Mungkin cukup sekian dulu postingan kali ini mohon maaf bila ada kesalahan ditunggu postingan selanjutnya yah :)

No comments:

Post a Comment