Wednesday, March 16, 2016

Multimedia Streaming Menggunakan Aplikasi Wowza



Adaptive streaming merupakan salah satu cara untuk mengetahui bandwith dan kapasitas CPU pengguna agar dapat menyesuaikan kualitas video. Hal ini membutuhkan encoder untuk menyediakan video dengan beberapa variasi bit rate sehingga pengguna dapat memperoleh hasil pengiriman media dengan kualitas tertinggi.


Penggunaan Wowza bertujuan untuk membangun sebuah server yang nantinya terdapat fitur video streaming di mana fitur ini mendukung adanya DASH (Dynamic Adaptive Streaming over HTTP).
Berikut merupakan langkah – langkah instalasi Wowza :


a. Jalankan browser (google chome, firefox, dll) dan masuk kehalaman https://www.wowza.com/pricing/trial, untuk daftar akun.


b. Kemudian masuk kehalaman http://www.wowza.com/pricing/installer untuk download aplikasinya.


c.  Setelah program selesai didownload, maka lakukan install dan ikuti tahapan instalasinya. Pada pertengahan proses, akan diminta untuk memasukkan License Key.


  Untuk mengetahui License key, ketika mendaftar akun sebelumnya sudah dikirimkan email verifikasi ke email yang kita masukkan pada form pendaftaran. Pada email tersebut terdapat license key yang dibutuhkan.


d. Masukkan License key tersebut pada proses instalasi sebelumnya. Lalu klik Next, dan masukkan Username dan Password. Ikuti tahap instalasi hingga selesai.



e. Selesai install, maka akan langsung masuk kehalaman aplikasi di browser. Untuk penggunaanya, pertama masukkan Username dan Password untuk login.



f. Maka akan langsung masuk kehalaman Home. Untuk cara penggunaannya, pilih halaman Application. Lalu pilih void pada menu sebelah kiri.


       Pada application void, pilih SMIL Files untuk menambahkan file video untuk streaming.

g.  Masukkan nama dan title yang diingin kan untuk file smil.


h. Kemudian pilih Add SMIL Stream untuk menambahkan video yang akan diputar saat streaming. Pilih type berupa video. Lalu klik Add.



i.  Sebelum menambahkan video, sediakan 4 video dengan masing – masing kualitas yang berbeda. Dari 720p, 480p, 240p, dan 144p. Kemudian pindahkan pada Wowza Media Systems\Wowza Streaming Engine 4.4.0\content.



j.   Setelah video tersedia, lalu masukkan  semua informasi video.





k. Untuk menguji streaming nya, klik Test Player. Lalu pilih Adobe HDS. Sebelumnya dalam percobaan aplikasi ini pernah digunakan MPEG DASH untuk memainkan video streamingnya. Namun dalam aplikasi ini tidak ada keterangan berapa bit rate yang dimainkan pada player MPEG DASH. Jadi untuk mengetahui bit rate selama streaming, maka digunakanlah Adobe HDS.



-         Kualitasi video 720p pada bit rate 1303 kbps.



-         Kualitasi video 480p pada bit rate 785 kbps.



Semakin tinggi bit rate yang ada selama streaming, maka kualitas video yang akan dimainkan akan menjadi semakin baik mulai dari kualitas terendah 144 sampai paling tinggi 720. Namun, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan bit rate yang tinggi. Begitupun sebaliknya jika bitrate kita tidak tinggi maka kualitas video akan menyesuaikan dengan bitrate yang tidak tinggi tersebut. Maka video yang akan diputarkan sesuai dengan bitrate.

Jika tiba-tiba bitrate turun drastis, Maka ketika sedang memutarkan video yang kualitasnya 720 akan turun drastis pula kualitasnya. Bahkan jika dalam pemutaran kualitas terendah pun tidak mencukupi maka akan mengalami buffering. Dan video akan terjeda sejenak hingga proses buffering selesai dan dapat memutarkan video lagi.Jika bitrate tidak kunjung naik ketika proses buffering maka video akan dapat terputar ketika sebagian buffer sudah terisi sedikit setidaknya melewati daerah yg terjeda tersebut namun akan langsung buffering lagi.

Cukup Sekian Postingan kali ini, Ini merupakan salah satu tugas yang telah saya kumpulkan sebelumnya dan demi berbagi ilmu dan informasi maka saya share melalui blog saya. Jika masih ada kekurangan dalam penulisan saya mohon maaf dan semoga ilmunya bermanfaat. Ditunggu untuk postingan selanjutnya, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa :) .

No comments:

Post a Comment