Wednesday, April 6, 2016

5 Tips Hemat Ala Anak Kos


Pagi ini gw mau berbagi tips buat sahabat blogger gimana caranya supaya sahabat blogger bisa Memanajemen keuangan dalam sebulan. Berikut merupakan tipsnya dan tips ini di dapatkan dari pengalaman kehidupan seorang anak Kos:




1. Buat lah Tabel Belanja Bulanan
     Yang pertama ialah, buat tabel atau daftar belanja kebutuhan bulanan diluar pengeluaran untuk makan. Contohnya ialah membuat sebuah daftar belanja seperti peralatan mandi, perawatan diri untuk stock selama 1 bulan. Biasakan cari diskon hehehe, Biasanya anak kos itu tidak menggunakan merk yang sama untuk produk perawatannya. Mereka lebih melihat apa yang sedang diskon bulan ini dan kemudian mereka membeli barang yang diskon tersebut. Perlu diingat juga bahwa prioritaskan apa yang lebih penting terlebih dahulu. Jangan membeli barang yang memang belum terlalu dibutuhkan.

2. Manajemen Pengeluaran Makan
     Selanjutnya ialah Manajemen pengeluaran anda untuk konsumsi. Ini merupakan point penting karena berhubungan sama kesehatan temen-temen juga. Terlalu banyak makan juga gak baik dan kekurangan makan lebih tidak baik lagi. Jadi temen-temen harus pinter memilih asupan makanan dan kuantitasnya. Makanlah makanan yang berkualitas untuk memenuhi asupan gizi temen-temen. Sebagai contoh gw bakal coba kalkulasiin Pengeluaran buat makan. Misalnya lo dapet kiriman 1,5 juta perbulan. Dan misalnya lo kuliah di daerah yang masih murah makanannya kayak jogja atau malang. Dikota tersebut Nasi ayam masih 8 ribu kalo gak salah. Nah tinggal lo kalkulasiin aja deh berapa kali lo mau makan dalam sehari dan lo kaliin sebulan. Udah itu lo kurangin dah Kiriman lo sama uang makan. Nah ketika di awal bulan lo sisihin dah Uangnya yang buat makan jadi kesehatan makan lo selama sebulan udah save.

3. Sediakan Dana Tak Terduga
     

     Nah selanjutnya ialah Dana tak terduga, Ini penting banget soalnya lo gak bisa memprediksi kejadian. Dana tak terduga disini fungsinya untuk kejadian yang emang gak lo pengenin dan mengharuskan lo mengeluarkan uang. Gw saranin aja buat lo supaya nyisihin sebagian uang lo di awal bulan buat dana tak terduga. Dan kalo gak kepake juga diakhir bulan nanti bisa jadi Dana tabungan pribadi lo.

4. Jurus Sakti Mie Instan
   

    Ini sebenernya untuk keadaan yang Urgent banget, keadaan ketika emang lo gak bisa makan lagi. Kenapa gw bilang mie instan, soalnya mie itu hemat secara keuangan tapi gak disarankan secara kesehatan. Mungkin disini lo bertanya-tanya, "Mas Wil, emang bener yah gak baik secara kesehatan ? bukannya mitos yah ?". Nah kalo lo punya pertanyaan gitu, brarti pemikiran lo sama kayak gw dulu. Dulu juga gw punya pemikiran kayak gitu sampe akhirnya gw cobain makan Mie seminggu berturut-turut tanpa putus. Badan lemes bgt rasanya. Dari kejadian itu gw sekarang me manage makan mie instan jadi 2 hari atau 3 hari sekali.


5. Refreshing Seadanya


    Yang terakhir ialah masalah refresing. Ini point yang harus ada tiap bulan dan emang harus lo lakuin, cuma yah jangan kalap juga kalo lagi refreshing. Ubahlah mindset "Refresing Semaunya" dengan "Refrehing Seadanya".

Hahaha, mungkin cukup sekian dulu tips dari gw, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih dan Sampai Jumpa :)

No comments:

Post a Comment